Pelayanan Lembaga Pemasyarakatan Surakarta

Posted on Posted in Kegiatan FG

Surakarta, 8 Januari 2017

Sebuah kasih karunia kami bisa melayani di Lembaga Pemasyarakatan Surakarta. Ini ketiga kalinya kami diminta untuk melayani LP. Ada 90-100 orang yang kami layani disana, dengan rentang umur 16-60 tahun, laki-laki maupun perempuan dengan kabanyakan terbelit kasus narkoba. Kami membawa tim sejumlah 6 orang, masuk dengan mengikuti prosedur yang ada. Pukul 10.00 tepat ibadah di mulai. Kami merasakan benar ada banyak yang kehilangan harapan, merasa tertolak, ketakutan walaupun raut wajah mereka tampak baik-baik saja. Mungkin mereka belum menemukan atau merasakan sukacita sejati  dalam Roh, hanya sampai pada jiwa mereka, sangat terlihat ketika mereka mulai menaikan beberapa pujian. Firman disampaikan oleh hambaNya, Yonatan Ambar Setiawan. Saudara Yonatan berkotbah tentang tempat yang paling aman, Mazmur 62. Bahwa tempat yang paling aman bukanlah diluar penjara, tapi hanya dekat dengan Allah ada ketenangan dan rasa aman yang  bisa kita rasakan. Ketika firman disampaikan kami melihat dan merasakan sukacita sejati itu mulai muncul dalam hati mereka. Setelah firman selesai di sampaikan kami memujikan sebuah pujian “ku ingin slalu bersekutu denganMu, menikmati hadiratMu.. biarkan RohMu tinggal dalam hidupku.. sungguh indah bersamaMu.. selamanya”, ada banyak tetesan air mata ketika mereka mulai merasakan kasih Bapa saat memujikan pujian tersebut.

Selesai ibadah kami bersalaman dengan seluruh yang hadir, sembari ngobrol-ngobrol sebentar dengan beberapa orang yang masih tinggal dalam ruangan. Keluar dari tempat itu kami belajar arti penerimaan, bagaimana tetap memandang dengan cara Kristus walaupun kami tau latar belakang mereka yang buruk. Mengasihi seperti Yesus mengasihi. Sekian, Yesus Tuhan !

** Tidak ada dokumentasi dikarenakan peraturan dari LP yang tidak mengijinkan untuk membawa alat komunikasi kedalam LP **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *