Sejarah

Adalah sebuah kasih karunia Tuhan bila pergerakan ini ada.Suatu hal yang luar biasa terjadi di Kota Solo karena Tuhan mulai bergerak kepada anak-anak muda, Api belas kasihan Tuhan untuk mengerang dan menangisi jiwa-jiwa mulai dicurahkanNya kepada anak-anakNya dari satu sekolah ke sekolah yang lain maka banyak anak-anak muda yang mulai hancur hati untuk menangisi jiwa-jiwa, sekolah, kota dan bangsa.

Pada tahun 2008, bermula dari satu orang yang punya hati untuk anak-anak muda agar dipulihkan Tuhan dan mulai bergerak mencari orang-orang yang rindu dipakai Tuhan untuk ada pemulihan digenerasinya. Pada awalnya kita mulai dengan persekutuan doa di rumah sederhana disebuah kampung dipinggiran kota Solo. Sebuah tempat yang tidak terlihat bahkan tidak disangka-sangka dari tempat yang tidak terlihat ini muncul benih-benih api pergerakan. Dengan tujuh orang yang ikut dalam persekutuan tersebut, Ranting Kartasura adalah nama persekutuannya waktu itu dari sebuah persekutuan rutin yang ada dan belajar setia dengan hal itu, Tuhan mulai membukakan sebuah jalan untuk melayani disalah satu sekolah di kota solo pada saat pelayanan disekolah tersebut berlangsung, banyak murid-murid yang mengaku atas dosa-dosanya,meminta pengampunan kepada Tuhan yesus dan banyak dari mereka dilawat Tuhan sungguh lawatan Tuhan turun atas mereka dari sekolah yang dilayani ini banyak anak-anak muda yang rindu datang dipersekutuan yang kita adakan satu minggu sekali tersebut dan bertambah hari bertambah jumlah anak-anak muda yang datang untuk ikut dalam ibadah karena ada rasa haus dan lapar akan kebenaran, Sampai disuatu ketika ada sebuah kamar yang kita bongkar untuk memperbesar tempat beribadah yang digunakan karena tidak dapat lagi menampung jiwa-jiwa yang datang. Pintu-pintu yang semula tertutup mulai dibukakanNya untuk dapat dijangkau dan dilayani, dari satu sekolah yang kita layani Tuhan membukakan jalan untuk kita menjangkau ke sekolah-sekolah yang lain suatu hal yang tidak pernah kita pikirkan Tuhan bergerak sangat cepat dan luar biasa dalam jangka waktu tiga bulan ada dua puluh satu sekolah SMP dan SMA di kota solo yang terjangkau dan dilayani, Setiap murid yang hadir kita layani dan doakan satu demi satu ketika ibadah berlangsung bahkan seringkali sebelum Firman Tuhan disampaikan lawatan belas kasihan Tuhan turun atas murid-murid yang hadir.

Pergerakan api Tuhan tidak berhenti disitu tapi semakin hari terus bergerak dengan cepat dan semakin besar. Lawatan Tuhan dinyatakan ke tempat dimana disitu ada jiwa-jiwa yang haus dan lapar akan Dia dari satu sekolah ke sekolah lain. Pada tanggal 17 Agustus 2008 Fire Generation diresmikan yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia disebuah gereja lokal di Kota Solo dan banyak anak-anak muda dari berbagai sekolah, gereja hadir memenuhi gedung gereja pada malam itu,Ditahun pertama pada akhir tahun 2008 yang semula hanya satu tempat ibadah yang digunakan oleh karena kasih karunia Tuhan dibukakan pintu-pintu yang begitu cepatnya didaerah sekitar Kota Solo ada tiga cabang tempat ibadah yang Tuhan bukakan yaitu didaerah kratonan dan mojosongo sungguh satu hal yang luar biasa kita bisa melihat Tuhan bergerak begitu cepat. Persekutuan ini diberi nama Fire house.

Mendengar suara Roh kudus dan hanya taat melakukan apa yang Tuhan Yesus intruksikan kepada kita supaya kerajaanNya datang dan kehendakNya jadi. Fire house pada mulanya adalah hanya dari satu gereja lokal saja yang hadir tetapi berkembang menjadi sebuah pelayanan interdominasi gereja dan setiap satu minggu sekali kita bersama-sama berkumpul dari sekolah yang satu dengan sekolah yang lain sesuai pos atau wilayah masing-masing untuk beribadah memuji dan menyembah Tuhan serta untuk mendapatkan nilai-nilai kerajaan sorga. Banyak anak-anak muda yang bertobat dan dipulihkan Tuhan menjadi orang dibebaskan Tuhan, anak-anak yang hadirpun selalu haus untuk membawa jiwa-jiwa baru mulai dari temannya sekolah,saudara-saudaranya untuk dapat ikut merasakan apa yang mereka sendiri rasakan karena begitu besar rasa dan lapar tersebut dari tiga Fire house di akhir tahun 2009 lahir tiga Fire house lagi menjadi enam Fire house suatu pelipatgandaan yang Tuhan Allah kita berikan, Ada 2 tempat didalam kota yaitu Fire house Saraswati dan Fire house Sukoharjo, Fire house ini terbentuk dimulai karena ada satu anak muda yang dapat pesan dari Tuhan untuk membuka Fire house Sukoharjo dan satu lagi diluar kota yaitu Fire house Salatiga yaitu suatu kota kecil didaerah jawa tengah.

Dari keenam Fire house ini Tuhan mulai menambahkan empat fire house lagi, Dua Fire house berada didalam kota yaitu Fire house Boyolali dan Fire house Palur dan Tuhan mulai membawa kita untuk bergerak keluar dari Kota solo maka lahirlah dua Fire house lagi yaitu Fire house Surabaya, Fire house Purwodadi. Tuhan melipatgandakan lagi menjadi sepuluh Fire house pada akhir tahun 2010,Dari ibadah setiap minngunya atau ibadah gabungan dari beberapa Fire house yang se-daerah yang kita rutin lakukan setiap tiga bulan sekali ini atau yang biasa kami sebut Revival Meeting ini diadakan kita benar-benar merasakan penyertaan dan Tuhan bergerak begitu luar biasa karena ada pelipatgadaan yang terjadi dan sekarang api-api kecil itu mulai tersebar, menjalar dan membakar jiwa-jiwa dengan belas kasihan yang dari Tuhan kita Yesus kristus maka ditahun 2011 ini kita sudah memiliki lima belas Fire house.

Tuhan juga menggerakkan kita untuk mengadakan retreat bagi anak-anak di Fire Generation yaitu retreat pemulihan. Dari Retreat yang berlangsung selama dua hari satu malam ini peserta yang ikut didalamnya dipulihkan dari Hati Bapa, Gambar diri serta Hati Nurani dan pulang menjadi orang yang beda karena sudah dipulihkan Tuhan dan retreat ini diadakan rutin setiap tahunnya untuk menjawab kebutuhan kerohanian setiap anggota Fire Generation. Jumlah peserta dibatasi hanya sekitar lima puluh sampai enam puluh peserta yang tergabung tetapi pada tahun 2011 retreat yang sama diadakan sungguh luar biasa sekitar seratus dua puluh peserta yang ikut karena besarnya kerinduan mereka untuk di pulihkan Tuhan. Setiap retreat diadadakn lawatan Tuhan selalu hadir untuk melawat semua peserta bahkan tidak jarang acara selesai tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan karena Tuhan bergerak secara luar biasa melawat semua yang ada pada setiap sesi yang diberikan.

Karena ada dorongan dari Roh kudus yang sangat kuat dan karena kasih karuniaNya Fire Generation mengadakan sebuah retreat selama tiga hari dua malam pada pertengahan Tahun 2010. Ini bukanlah retreat yang biasa-biasa saja bagi kami tetapi luar biasa karena hal ini belum pernahkan dilakukan pada sebelumnya kita menamainya dengan Retreat Murid yaitu sebuah retreat yang diadakan khusus bagi orang-orang yang sudah dimuridkan atau yang sudah tergabung dalam pemuridan yang ada dari beberapa Fire house dan dijadikan menjadi satu dalam sebuah retreat yang bertujuan agar setiap anggota Fire Generation saling mengenal dan berfellowship bersama.

Banyak kejadian yang menimpa bangsa Indonesia akhir-akhir ini mulai dari bencana alam,kerusuhan, kelaparan,kemiskinan maka diperlukan banyak orang yang mau berlutut dan merendahkan diri untuk berdoa supaya pemulihan cepat terjadi. Satu hal yang ada didalam hati anak-anak yang ikut berdoa disekolah mereka masing-masing kami merindukan pemulihan generasi ini, Suatu hal yang sungguh luar biasa bisa terjadi dengan didasari dengan belas kasihan yang daripada Tuhan dan hati yang hancur untuk berdoa ada pemulihan bagi generasi, keluarga, sekolah dan bangsa ini siswa-siswi SMP,SMA dan mahasiswa di Kota Solo mereka terbeban berdoa bagi sekolahnya. Pada Tahun 2009 kita mengadakan doa empat puluh hari disekolah. Ada seorang siswi SMA karena tidak punya teman untuk berdoa disekolahnya dia berdoa seorang diri datang lebih pagi dan pulang paling akhir karena berdoa dulu dan setiap hari Tuhan mengirim jiwa untuk berdoa juga sampai yang pada awalnya hanya satu orang saja yang rindu berdoa dan diakhir doanya selama empat puluh hari jumlah siswa yang rindu berdoa bertambah menjadi delapan belas siswa yang hancur hati dan mau berdoa bagi sekolahnya.

Api yang semula kecil tapi itu semakin hari semakin bertambah banyak ada dimana-mana. Karena belas kasihan yang Tuhan untuk jiwa-jiwa di tahun 2010 hal yang sama dilakukan yaitu berdoa untuk sekolah selama 120hari dengan jumlah lima sekolah dikota solo ikut berdoa . Ada beberapa anak disebuah sekolah di Kota Solo setiap pagi mereka datang lebih awal dari pada yang lainnya dan mereka berlutut, menangis serta berdoa dibawah tiang bendera sekolah setiap pagi mereka melakuakan hal tersebut. Disekolah yang lain siswa-siswa disana tidak kalah gilanya untuk Tuhan bahkan mereka berdoa ditengah-tengah lapangan sekolah dan menangisi jiwa-jiwa ada diantara mereka mendapat penglihatan dan pesan dari Tuhan. Setiap pagi atau setelah proses belajar mengajar selesai mereka mulai berkumpul untuk berdoa didalam ruang kelas dan bertambah hari jumlah siswa yang berdoa disetiap sekolah makin bertambah banyak dan lawatan belas kasihan Tuhan turun menjamah mereka ketika mereka berdoa, walaupun banyak halangan mereka terus berdoa dan tidak berhenti tidak jarang beberapa diantara mereka harus berdoa diloteng atau lorong sekolah.

Fire conference adalah sebuah konferensi api yang diadakan sekali dalam satu tahun untuk menyatukan anggota-anggota Fire generation dari setiap Fire house yang ada dan impartasi tahunan dan juga merupakan konferensi kepemudaan yang berskala nasional bahkan internasional yang berlansung di Kota solo selama tiga hari. Fire conference atau yang dulu dikenal dengan internasional youth.